Rabu, 10 Desember 2014

Cara Membuat DVD Bootable Windows 7 dan 8 All In One

Saat ini, sistem booting melalui DVD saya gunakan sebagai opsi langkah recovery terakhir ketika Operating System komputer telah kacau/rusak.
Ada 2 langkah Install sistem operasi melalui removable disk, yaitu melalui FDD dan DVD. Untuk Flash Disk Drive kita bisa memakai Rufus, sementara DVD memerlukan 3 aplikasi(tapi yang benar-benar dibutuhkan sebenarnya hanya 2 aplikasi).



Pertama kali siapkan:
  1. DVD blank yang masih belum pernah dimasukkan ke PC atau Laptop
  2. Windows 7 AIO maker Professional
  3. Daemon Tools Lite
  4. Windows 7 USB-DVD Download Tool
Gunakan Daemon Tools Lite untuk membuka file ISO(jika kamu sudah memiliki windows 7 dalam bentuk ISO), langkah ini cuma untuk memastikan file kamu tidak ada yang hilang.
mungkin kamu sudah memiliki hasil ekstraksi ISO(seperti gambar diatas), biasanya karena kamu menyalin master Windows 7 atau 8/8.1 dari DVD miliknya orang lain.

Jika ternyata hanya memiliki hasil ekstraksi ISO, maka kamu sebaiknya membuat file ISO untuk Windows 7 atau 8/8.1 dengan menggunakan Windows AIO Maker Professional, di sini kamu juga bisa mengatur jumlah versi yang akan menjadi pilihan ketika sedang menjalankan DVD booting

Gambar di atas menunjukkan jumlah versi Windows di Installernya, Untuk membuat file ISO pilih "save all into ISO" kemudian tentukan direktori penyimpanan dan label/nama file tsb.
Sampai di sini tugas Windows AIO maker telah selesai.
Untuk membuat Bootable melalui DVD kita gunakan Windows 7 USB-DVD Download Tool
[PENTING]
Pastikan file ISO yang telah kamu peroleh dengan menggunakan Windows AIO maker tak lebih dari 4.3 GB, karena jika lebih dari itu maka DVD blank kamu tidak bisa di-burn(karena kapasitasnya tidak mencukupi)


Gambar di atas adalah informasi file ISO dari Windows 7 installer saya.
Kembali ke Windows 7 USB-DVD Download Tool,


Kamu diberikan pilihan untuk menggunakan bootable USB(flashdisk) atau DVD. Kemudian siapkan DVD blank tadi yang belum pernah dimasukkan ke ROOM nya. Pilih tombol DVD kemudian masukkan DVD blank ke ROOM nya(ke pc/komputer).
 
 
Selamat Mencoba ^_^

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More